Cara Menggunakan Laser Cutting

tritunggalmetal.com – Cara Menggunakan Laser Cutting kali ini sudah kita bahas sebelumnya, akan tetapi secara Artikel ini menjelaskan secara singkat cara menggunakan pemotongan laser. Namun, sebelum memotong kertas, Anda sudah familiar dengan alat-alat seperti gunting dan mata pisau pemotong. Mereka yang terbiasa memotong kayu dan bambu juga tidak asing dengan gergaji dan mesin elektronik.

Untuk melakukan ini, semua alat analog yang tersedia memotong material, tetapi melebihi kebutuhan akan presisi yang sangat tinggi. Namun, jika Anda mengerjakan prototipe yang perlu memotong setiap bagian dengan presisi sangat tinggi, Anda dapat menggunakan mesin pemotongan laser.

Penggunaan pemotongan laser

Seperti yang Anda ketahui, mesin potong laser memiliki kemampuan untuk memotong bahan / material yang digunakan untuk merakit atau merakit pekerja / produk (2D). Dalam konteks kerajinan, pemotongan adalah aktivitas yang sangat penting dan Anda harus dapat memotong bagian desain Anda dengan presisi tertinggi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan:

Siapkan file

Mesin pemotongan laser adalah mesin digital, dan jika Anda ingin menggunakan mesin tersebut untuk memotong, Anda perlu membuat file. Anda memiliki font dan gambar yang ingin Anda cetak, sama seperti printer inkjet lainnya pada umumnya, bukan? Pra-persiapkan file vektor untuk digunakan dengan perangkat lunak pengeditan vektor, tanpa menggunakan kotak pengisi atau skema etis yang mungkin (seperti 0.1). Skema dibaca sebagai urutan bagian yang dicetak oleh mesin. Pemotongan laser.

Ekspor file

Untuk membaca dan menjalankan perangkat lunak pra-potong dengan mesin pemotongan laser, Anda perlu mengekspor file yang dibuat oleh perangkat lunak yang Anda gunakan. Ekspor dapat dilakukan dalam format yang diperpanjang.

Proses persiapan pra-potong (perangkat lunak)

Siapkan pemotongan atau pengaturan terlebih dahulu sebelum mengirimkan file ke mesin laser untuk dipotong atau diedit dengan software RDCAM. Aplikasi ini juga didasarkan pada pemrosesan vektor, tetapi menggunakan pengaturan perintah langsung dari mesin laser untuk mengatur, misalnya, (1)% keluaran, (2)% kecepatan, (3) mode (potong, pindai), dll. Aku akan. , Titik) Langkah terpenting adalah sebagai mode potong untuk bahan perintah pemotongan dan mode pindai untuk perintah pengukiran yang memerlukan file format gambar (.jpg, .bmp, atau .png dengan resolusi 300 dpi). Mode titik untuk perintah pemotongan menggunakan metode garis titik. Ini karena tergantung pada bahan yang digunakan dan apa yang dikerjakan (memotong, mengukir, mengirim garis putus-putus). Misal, jika Anda memotong bahan karton tebal 3mm, ketebalannya sama, tetapi tidak harus sama dengan bahan akrilik 3mm.

Proses persiapan pemotongan (perangkat keras dan bahan)

Setelah perangkat lunak disiapkan, Anda siap untuk mengkonfigurasi mesin Anda (perangkat keras dan material). Kemudian nyalakan pemotong laser dan lampu area pemotongan. Mesin akan berbunyi bip tiga kali untuk menandakan siap untuk kalibrasi, jadi hentikan di mana kepala laser terakhir akan digunakan dan letakkan bahan pemotongan seperti akrilik 3mm di area kerja mesin laser. Selain itu, pastikan setiap sudut permukaan datar atau horizontal.

Ketika kepala laser berada pada posisi yang diinginkan, tempatkan pengukur fokus antara kepala laser dan bahan, kendurkan kedua sekrup yang menahan kepala laser, dan tekan pengukur fokus. Selanjutnya, Anda perlu mengencangkan kedua sekrup yang telah dilonggarkan. Ini dilakukan dengan cara yang sangat akurat, dengan pembakaran laser pada posisi optimal.

Mulailah

Namun, jika semuanya sudah siap, Anda dapat menggunakan mesin laser untuk menerima perintah dari file yang Anda kirim. Tapi jangan lupa nyalakan kipas hisap sebelum menekan tombol start aplikasi. Dengan begitu, asap akan terhisap keluar dari knalpot dan ruang pemotongan laser tidak akan terlalu panas. Selain itu, karena risiko kebakaran yang tinggi dalam proses ini, kehati-hatian harus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *